By Semua.Sale 06/09/2019 14.34 Comments

Pemburu Sale pasti suka nonton bioskop. Tapi, pernahkah kamu merasa kesal dan sebal kalau di dalam bioskop karena banyak orang yang suka bersikap seenaknya seperti menelepon di dalam bioskop, berisik, dan masih banyak lagi? Agar kamu nggak ikut-ikutan seperti itu, simak yuk etika nonton bioskop!

 

1. Pergi ke toilet sebelum film dimulai

Setiap lima belas menit sekali ada saja yang berdiri dan jalan-jalan di depanmu. Sudah nginjak kakimu karena gelap, mendesak-desak badanmu, menutupi pemandanganmu pula. Apa sudi pengalaman menontonmu terganggu seperti ini?

Sebaiknya sebelum masuk studio buang air dulu ya. Kalau memang bakat beser pilih tempat duduk yang paling pinggir, pas dengan jalan keluar. Ini juga berlaku untuk yang suka telat masuk bioskop. Please tepat waktu biar tidak mengganggu pengalaman menonton yang lain!

 

2. Jangan main handphone

Sumber : unsplash.com

Bayangkan rasanya sedang nikmat menatap layar lebar, lalu tiba-tiba kamu kesilauan dari samping atau dari depan. Bete banget gak sih? Mirip seperti ingin tidur tapi muka kita disinari senter secara paksa. Susah juga mau fokus pada cahaya proyektor di depan sana.

Pokoknya merusak mood banget deh. Coba matikan total saja hapenya kalau selalu refleks mengecek setiap ada notifikasi. Apa tidak sayang sama duit sendiri? Masuk bioskop kok cuma buat chatting doang. 'Kan sedih.

 

3. Nonton sesuai usia

Baca baik-baik rating film yang tercantum di poster atau di loket penjualan. Kalau sudah jelas untuk 13 tahun ke atas, Remaja atau Dewasa, buat apa masih ngotot ngajak adik atau anak di bawah batasan usia tersebut? Kasihan dia jadi terpapar oleh materi yang gak sesuai umurnya.

Belum lagi kalau dia bosan dan gak ngerti jalan ceritanya lalu ribut jalan-jalan sendiri, ngomong keras-keras, nanya-nanya "Ih itu kenapa ciuman sih Mah?" mengganggu penonton lain!

 

4. Jangan spoiler!

Sumber : unsplash.com

Entah apa motivasi orang-orang semacam ini di bioskop. Ingin menunjukkan kalau mereka sudah pernah nonton kah? Lantas lebih keren kah? Yang ada orang-orang lain malah risih, terganggu dan gak bisa menikmati. Parahnya lagi kalau ditegur malah emosi. Enaknya orang kaya gini diapain ya?

 

5. Jangan berisik

Terkadang ada saja orang-orang yang merasa seperti pemilik bioskop, terutama kalau nonton beramai-ramai dengan rombongan. Setiap adegan dikomentari keras-keras, seolah sedang nonton televisi di dalam kamar sendiri.

Mungkin dikira kita akan terhibur dengan celetukkannya, padahal sih jengkel banget rasanya. Yuk, jangan kita tiru orang seperti ini. Tegur dia baik-baik, kalau tidak mempan laporkan saja kepada petugas bioskop.

 

6. Jangan share di media sosial

Sumber : unsplash.com

Iya paham sih, sebagai generasi masa kini, eksistensi di sosial media sudah seperti kebutuhan sekunder bagi kita. Tapi gak perlu dengan menebar ranjau spoiler yang bikin orang lain kecewa dan gak minat lagi buat nonton di bioskop. Sering kali bagian yang disebarkan adalah bagian inti dan paling menarik pula, gimana gak merugikan pembuat film?

Itu konsekuensi ringannya, konsekuensi fatal dari menyebarkan rekaman cuplikan film di bioskop termasuk tindak pidana pembajakan lho! Tentu kamu belum lupa sama kasus orang yang iseng nyebarin film Warkop DKI lewat media sosialnya? Apa kamu mau digelandang polisi hanya karena pamer lagi nonton apa di IG Stories?

Jadi kalau kamu belum bisa menerapkan etika tersebut di diri kamu, jangan coba-coba nonton di bioskop ya! Kalau sudah, baru kamu boleh menikmati serunya nonton bioskop sambil menikmati promo diskon CGV berupa buy 3 get 1 untuk transaksi menggunakan kartu debit BNI. Cek infonya di sini, dan selamat nonton!

Post Comments

You must be logged in to post a comment.

click here to log in